Mengenal Kain yang Bisa Dijadikan Bahan Masker

10 Juli 2020 FashionLifestyle

Wabah virus corona yang menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk juga telah masuk di Indonesia membuat Anda harus mengikuti pola hidup yang baru, salah satunya adalah dengan memakai masker kemanapun. Masker yang saat ini dianjurkan untuk dipakai oleh orang-orang yang sehat agar bisa mencegah menularnya virus adalah masker kain yang bisa Anda beli di berbagai tempat yang jual masker kain.

Namun tahukah Anda bahan-bahan kain apa saja yang bisa digunakan untuk membuat masker dan cukup efektif untuk menahan penyebaran virus?  Berikut beberapa bahan kain untuk informasi bagi Anda yang hendak mencari masker kain atau membuat masker dari bahan kain sendiri.

1. Kain katun tebal

Kain katun merupakan salah satu bahan kain yang paling banyak digunakan sebagai bahan masker yang dijual di tempat yang jual masker kain. Bahan kain katun juga cukup mudah ditemukan bahkan Anda pasti memilikinya sendiri di rumah, misalnya dari sisa baju atau sisa sarung bantal.

Namun Anda juga harus memilih bahan katun yang efektif untuk menangkal masuknya virus, yaitu bahan katun yang memiliki bahan serat-serat kecil. Untuk mengeceknya, Anda bisa mengarahkan dan mendekatkan kain katun tersebut dekat ke arah cahaya lampu.

Jika cahaya lampu sulit menembus kain, maka kain tersebut memiliki serat yang bagus untuk menangkal virus. Masker dari bahan kain katun memiliki kelebihan untuk membuat Anda tetap nyaman bernapas.

2. Kain nilon

Ada beberapa jenis kain nilon yang bisa digunakan untuk menjadi bahan masker, yaitu kain nilon 70D dan kain nilon 40D. Kain nilon dengan jenis 70D mampu menyaring partikel hingga tingkatan 77% dan bisa membuat Anda mudah bernapas saat menggunakan bahan ini. Sementara kain nilon dengan jenis 40D memiliki tingkat filtrasi yang lebih tinggi lagi, namun Anda akan lebih sulit untuk bernapas.

3. Kombinasi katun dengan sifon / sutra / flanel

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, masker yang terbuat dari kain katun memang cukup efektif untuk digunakan sebagai masker, namun jika kain ini dikombinasikan dengan kain lain, maka Anda akan mendapatkan masker yang lebih efektif.

Kain yang bisa dikombinasikan dengan kain katun diantaranya adalah sifon, sutera, maupun flanel. Misalnya satu kain katun dengan dua lapis kain sutera, satu lapis kain katun dengan dua lapis kain sifon, atau satu lapis kain katun dengan satu lapis kain flanel. Kombinasi ini membuat masker memiliki beberapa lapisan sehingga bisa lebih efektif untuk menangkal virus.

Itulah beberapa jenis kain yang bisa Anda buat sendiri untuk menjadi masker kain. Namun jika Anda ingin lebih praktis lagi, Anda bisa membeli masker kain di berbagai tempat yang jual masker kain.

Tags:  ,