Tips Membersihkan Lantai Keramik dan Marmer dengan Benar

28 Juni 2020 Properti

Siapa yang tidak ingin memiliki lantai rumah yang bersih dan sehat? Semua orang pasti ingin menikmati waktu bersantai di rumah dengan nyaman. Noda atau kotoran yang menempel di rumah bisa menyebabkan bau tidak sedap hingga menimbulkan kerusakan pada lantai jangka panjang. Oleh sebab itu, Anda harus rutin membersihkan lantai agar bisa merasakan kenyamanan di rumah sendiri. Gunakan Porselin pembersih lantai untuk membersihkan noda, debu atau kotoran di lantai rumah Anda.

Agar lantai rumah Anda bisa bersih maksimal, sebaiknya ketahui tips membersihkan lantai berdasarkan material yang digunakan. Simak cara membersihkan lantai dari bahan keramik dan marmer!

Cara membersihkan lantai rumah yang terbuat dari bahan keramik

Untuk Anda yang memiliki lantai dari bahan keramik, ikuti tata cara membersihkan lantai berikut:

1. Menyapu setiap hari

Noda debu dan kotoran harus dibersihkan setiap hari agar bisa segera dibersihkan menggunakan cairan. Pastikan Anda menyapu lantai dengan sistem mundur dan tidak terlalu kencang agar lantai benar-benar bersih dari debu.

2. Menggunakan air hangat

Campurkan air hangat dengan Porselin pembersih lantai yang mengandung antiseptik. Cairan antiseptik bisa membunuh kuman penyebab penyakit yang menempel di lantai rumah. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di lantai tanpa takut terkena infeksi kuman, ya!

3. Menggunakan alat pel kering

Daripada membiarkan lantai kering sendiri, sebaiknya Anda menggunakan alat pel kering yang bisa mengelap campuran sisa air dan pembersih lantai. Ubin keramik bisa menjadi lebih bersih dan berkilau tanpa khawatir debu bakal mengotori lantai kembali.

Lantai keramik bisa terlihat lebih bersih dan berkilau dengan teknik perawatan yang benar. Pastikan Anda untuk meminimalisir gesekan benda keras atau menggeser benda berat yang bisa menggores ubin keramik Anda. Bahan keramik juga rentan retak atau pecah sehingga Anda harus merawatnya dengan baik.

Cara membersihkan lantai dari bahan marmer atau granit alam

Buat Anda yang tidak suka dengan bahan keramik yang mudah retak atau pecah, mungkin lebih tertarik untuk menggunakan lantai dari bahan marmer atau granit yang eksklusif. Bebatuan alam butuh perawatan yang maksimal agar tidak keropos atau rusak. Untuk Anda yang ingin membersihkan lantai marmer, perhatikan cara perawatan yang simpel berikut:

1. Tidak menggunakan air

Guyuran air pada lantai yang terbuat dari marmer atau granit bisa membuat bebatuan alam rusak. Anda tidak boleh melakukan pembersihan lantai sama seperti membersihkan lantai keramik, ya!

2. Menggunakan cairan pembersih khusus

Untuk membersihkan lantai marmer, Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan cairan pembersih khusus atau sabun yang mengandung pH netral. Cukup berikan cairan pembersih pada kain microfiber dan beri sedikit air dingin sebelum diusapkan pada lantai marmer dengan lembut. Gerakan mengusap maju mundur tidak melingkar agar bisa menjaga kualitas warna bebatuan alami lebih tahan lama.

3. Mengelap lantai hingga kering

Gunakan lap bersih untuk mengelap lantai hingga benar-benar kering, ya! Pasalnya, lantai marmer atau granit yang masih basah memiliki kemungkinan sisa air bakal meresap ke celah bebatuan sehingga merusak lantai rumah Anda. Bebatuan alam yang terkena air bisa alami pengeroposan terus menerus, lho!

Beberapa cara merawat lantai rumah sesuai dengan material ubin wajib Anda terapkan, ya! Gunakan Porselin pembersih lantai yang terbukti efektif membersihkan kuman atau noda. Lantai yang bersih bisa memberikan kenyamanan dan mendukung kesehatan Anda sekeluarga. Anda bisa lebih bebas dan nyaman saat beraktivitas di lantai ruangan tanpa alas kaki. Yuk, rutin bersihkan dan rawat lantai rumah Anda agar lebih tahan lama!

Tags: